Kitab Jawahirul Kalamiyah - Isra Mi'raj

Soal : Apakah Isra' dan Mi'raj itu?

Jawab : Isra' adalah perjalanan malam Nabi Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam dari Masjid Al Haram di Makkah menuju ke Masjidil Aqsha di Al Quds (Palestina). Peristiwa tersebut benar adanya karena telah tercantum dalam Alquran yg mulia. 

Sedangkan yg dimaksud dengan Mi'raj adalah peristiwa naiknya Nabi
Muhammad Shallallaahu Alaihi Wasallam malam tersebut dari Masjidil Aqsha ke langit, dan beliau berkumpul dengan para Malaikat yg mulia sebagai penghormatan dan pemulyaan para malaikat kepada beliau. Dan peristiwa itu telah diterangkan dalam hadist hadist shahih dan peristiwa ini mungkin terjadi yg telah diceritakan oleh manusia yg jujur (Rasulullah), maka wajib mengimaninya sesuai dengan dzahirnya. 

Hal itu tidaklah mengherankan karena dialah Dzat yg dapat menerbangkan burung di angkasa, menjadikan bintang dapat melintasi jarak yg jauh dalam sekejap dengan gerakannya, sebuah jarak yg tidak mampu dilewati manusia dalam waktu jutaan tahun, apabila Dia berkenan mengangkat kekasih pilihanNya diantara manusia, untuk naik ke langit dalam waktu sekejap. Sedangkan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu dan Maha Mengetahui atas segala sesuatu.

Soal : Apakah doa dapat bermanfaat bagi yg didoakan, dan apakah pahala sedekah orang hidup bisa sampai kepada mayyit jika pahalanya dihadiahkan kepadanya?

Jawab : Sesungguhnya sedekah itu adalah perkara yg digemari dan doa
serta merendahkan diri kepada Allah itu diharapkan. Keduanya bermanfaat di sisi Allah Ta'ala baik bagi orang hidup maupun yg telah mati.

0 Response to "Kitab Jawahirul Kalamiyah - Isra Mi'raj"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel