Kitab Jawahirul Kalamiyah - Mu'jizat

Soal : Apa yang dimaksud dengan Mu'jizat ?

Jawab : Mu'jizat adalah sesuatu yang tidak biasa terjadi yg muncul dari seorang penyampai risalah kenabian yg sesuai dengan dakwahnya, dengan tujuan untuk menantang orang yg ingkar untuk melakukan yg serupa dengan mu'jizat tersebut.

Soal : Apa hikmah dibalik dinampakkannya Mu'jizat dari para Nabi ?

Jawab : Hikmahnya adalah sebagai pertanda akan kebenaran dakwah mereka. Karena setiap ajakan (dakwah) yang tidak disertai dalil maka tidak akan didengar. Selain itu, mu'jizat juga berfungsi sebagai pembeda antara para nabi dengan orang yg berpura pura menyampaikan risalah kenabian. Hal itu cocok dengan hadist Qudsi Allah : “ HambaKu benar atas apa yg disampaikannya”

Soal : Bagaimana bentuk penjelasan yg menunjukkan bahwa mu'jizat sebagai pembenar para Nabi serta kecocokannya dengan hadist qudsi di atas ?

Jawab : Penjelasan yg menunjukkan bahwa mu'jizat sebagai pembenar para Nabi bisa dimengerti dengan contoh dan bagi Allah sebaik baik
contoh - berikut :

Seandainya ada seseorang yg berdiri dalam di balai pertemuan yg besar, di depan seorang raja besar yang bijak :“ Wahai sekalian manusia, saya adalah utusan dan kepercayan Raja yg mulia ini bagi kalian. Dia mengutusku untuk menyampaikan sesuatu kepada kalian. Raja ini mengetahui apa yg kukatakan, dia mendengar apa yg ku ucapkan dan dia juga melihatku. Tanda bahwa saya tidak berbohong adalah saya akan meminta raja untuk berbuat sesuatu yg tidak biasa dilakukan (biasanya memerintah maka kali ini akan diperintah), maka dia (raja) akan menuruti apa yg saya minta.

Kemudian orang tersebut berkata kepada raja “wahai raja, jika Engkau membenarkan apa yg saya sampaikan, mohon anda berbuat sesuatu diluar kebiasaan anda (dari memerintah menjadi diperintah). Tolong anda berdiri 3 kali berturut turut “.


0 Response to "Kitab Jawahirul Kalamiyah - Mu'jizat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel