Kitab Jawahirul Kalamiyah - Penutup

PENUTUP
PEMBAHASAN TENTANG BEBERAPA MASALAH PENTING
“MENGIKUTI PERKARA YG TELAH LAMPAU DIKUTIP DARI PENDAPAT ULAMA SALAF”

Soal : Apakah boleh membicarkan hakikat Dzat Allah dengan menggunakan akal pikiran?

Jawab : Tidak dibolehkan membicarakan hakikat dzat Allah menggunakan akal pikiran, karena akal itu terbatas untuk memahami  hakikat dzat Allah Subhaanahu Wata'ala Sang Pencipta. “ Segala hal yg terlintas dalam hatimu maka Allah tidaklah seperti itu “.

Soal : Jika akal pikiran tidak mampu memahami hakikat Dzat Allah Ta'ala, maka bagaimana kita bisa sampai ke ma'rifat (mengenal Allah) yg telahdiwajibkan atas tiap manusia?

Jawab : Sesungguhnya mengenal Allah itu bisa tercapai dengan mengetahui sifat sifat Allah berupa AlWujud (Ada), AlQidam (Dahulu), AlBaqa'(Kekal), Mukholafatu Lil Hawaadits (Tidak Serupa dengan apapun),Qiyaamuhu Binafsihi (Mandiri dan tidak membutuhkan apapun), AlWahdaniyyah (Maha Esa), Alhayah (Maha Hidup), Al 'Ilm (Maha Mengetahui), AlQudroh (Maha Kuasa), Al-Iraadah (Maha
Berkehendak), As Sam-i' (Maha Mendengar), AlBashar (Maha Melihat) dan Alkalam (Maha Berfirman).

Soal : Dengan perantara apa kita dapat mengetahui keberadaan Allah Ta'ala sedangkan mata kita tidak bisa melihatNya?

Jawab : Kita dapat mengetahui keberadaan dan Kekekalan sifat Allah Ta'ala melalui jelasnya hasil kekuasaanNya dalam ciptaanNya yg berifat baru yg diciptakanNya dengan penuh ketelitian dan menakjubkan sehingga mencengangkan akal. Seperti langit dan segala hal yg di dalamnya berupa matahari, bulan dan bintang. Begitupun dengan bumi dan segala hal di dalamnya seperti segala macam sumber (air dan mineral) pepohonan dan makhluk hidup lain dimana manusia termasuk di
dalamnya. Manusia diciptakanNya dalam sebaik baik bentuk, yg diberi
segalam macam sifat kesempurnaan dan keutamaan. Diberi kesempurnaan dengan akal yg kuat. Maka sebagai seseorang yg melihat bangunan ia mengetahui pasti ada yang menciptakan bangunan itu. Pun jika seseorang melihat sebuah tulisan pasti ia mengetahui bahwa ada yg menulisnya meski ia tidak melihat atau mengetahui khabar penulisnya.

Begitu pula dengan manusia yg mengamati alam raya ini, yg diciptakan dengan penuh ketelitian dan menakjubkan dan indah, maka ia dapat mengetahui bahwa ada Sang Pencipta yg bersifat Maha Awal, Maha Mengetahui, Maha berkehendak, Maha Kuasa dan Maha Bijak.

penutup



0 Response to "Kitab Jawahirul Kalamiyah - Penutup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel