Kitab Jawahirul Kalamiyah - Qadha dan Qadar

PEMBAHASAN KE ENAM
TENTANG IMAN KEPADA QADLA' DAN QADAR (KETENTUAN ALLAH)

Soal : Bagaimana keyakinan kita terhadap adanya qadla dan qadar ?

Jawab : Hendaklah kita meyakini bahwasanya seluruh perbuatan manusia baikyg membutuhkan usaha (ikhtiyari) - seperti berdiri, duduk, makan dan minum maupun tanpa usaha (idltirori) seperti jatuh semua itu terjadikarena kehendak Allah Subhaanahu Wata'ala. Dan ketentuan (takdir) itu telah dibuat Allah sejak zaman azla (zaman sebelum ada sesuatukecuali Allah), dan pengetahuan Allah tentang semua itu telah ada sebelum hal tersebut terjadi.

Soal : Kalau memang Allah adalah Sang Pencipta segala perbuatan manusia,bukankah itu berarti manusia adalah majbur (dipaksa) dalam setiap perbuatannya, dan setiap yg dipaksa maka tidak berhak mendapat pahala atau siksa ?

Jawab : Bukan demikian maksudnya. Manusia tidaklah dipaksa sama sekali karena dia memiliki keinginan sendiri yg dapat mengantarkannya kesisi baik atau sisi buruk. Manusia juga dikaruniai akal fikiran dimana dengan akal tersebut ia bisa memilih diantara sisi baik atau buruk. Jika ia menggunakan kehendaknya ke sisi yg baik, maka menjadi nyatalah
kebaikan yg ia kehendaki. Dan ia akan mendapat pahala atas hal itu
karena telah berbuat baik dan kehendak juziyyah nya bergantung pada sisi baik itu. Apabila kehendaknya memilih sisi buruk maka menjadinyatalah keburukan yg ia kehendaki dan dia mendapat siksa atasnya karena keburukan itu terjadi karena keinginannya, dan kehendakjuziyyah nya bergantung pada sisi buruk itu.

0 Response to "Kitab Jawahirul Kalamiyah - Qadha dan Qadar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel