Kitab Jawahirul Kalamiyah - Surga

Soal : Apakah kenikmatan dalam syurga itu bersifat rohani atau jasmani, apakah juga yg terjadi dalam neraka dan apakah nikmat syurga serta siksa neraka itu kekal ataukah terbatas waktunya?

Surga


Jawab : Sesungguhnya syurga itu berisi dua macam nikmat, yakni rohani dan jasmani. Nikmat rohani berupa kenikmatan yg dirasakan oleh ruh seperti bertasbih, beribadah, melihat Allah Subhaanahu Wata'ala dan mengetahui bahwa Dia telah Ridla terhadap ahli syurga. Sedangkan kenikmatan jasmani berupa kenikmatan yg dirasakan oleh jasmani seperti makan, minum dan menikah.

Begitu juga dengan siksa neraka yg terdiri dari dua macam, yakni siksa ruhani dan siksa jasmani pula. Kenikmatan di syurga maupun siksa dalam neraka keduanya kekal abadi selamanya dan tidak akanberhenti, dan penduduk keduanya abadi di dalamnya, syurga dan
neraka saat ini sudah ada (diciptakan oleh Allah).

Soal : Apakah mungkin seorang wali dapat mencapai derajat Nabi dan
apakah wali dapat sampai pada suatu keadaan dimana kewajiban agama telah gugur baginya?

Jawab : Tidak mungkin seorang wali dapat mencapai derajat seperti salah satu Nabi Alahim Salam sama sekali. Dan tidak mungkin seseorang selama ia berakal sehat dan telah baligh (dewasa) dapat mencapai keadaan dimana perintah dan larangan agama dapat gugur atas dirinya serta dia diperbolehkan berbuat sesuka hatinya. Barang siapa menyangka hal itu dapat terjadi pada wali, maka sungguh ia telah kafir

Begitu pula telah dihukumi kafir orang yg menyangka bahwasanya syariat agama ini di dalamnya (bathin) menyalahi dengan apa yg nampak (dzahir) itulah yg dinamakan hakikat (kesejatian), sehingga mereka mentakwil ayat yg qoth'iy (telah jelas maknanya) dan menggunakannya tidak sesuai dengan makna dzahirnya, sebagaimana orang yg menganggap malaikat sebagai kekuatan akal dan syaithan sebagai kekuatan was was.


0 Response to "Kitab Jawahirul Kalamiyah - Surga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel