Puasa Nabi Daud AS.

Puasa Daud sebaik-baik puasa sunnah dan derajat puasa yang paling tinggi bagi yang mengerjakannnya. Puasa Daud adalah puasa yang paling disukai oleh Allah. Dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan padanya.

أَحَبُّ الصَّلاَةِ إِلَى اللَّهِ صَلاَةُ دَاوُدَ – عَلَيْهِ السَّلاَمُ – وَأَحَبُّ الصِّيَامِ إِلَى اللَّهِ صِيَامُ دَاوُدَ ، وَكَانَ يَنَامُ نِصْفَ اللَّيْلِ وَيَقُومُ ثُلُثَهُ وَيَنَامُ سُدُسَهُ ، وَيَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا
“Sebaik-baik shalat di sisi Allah adalah shalatnya Nabi Daud ‘alaihis salam. Dan sebaik-baik puasa di sisi Allah adalah puasa Daud. Nabi Daud dahulu tidur di pertengahan malam dan beliau shalat di sepertiga malamnya dan tidur lagi di seperenamnya. Adapun puasa Daud yaitu puasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya.” (HR. Bukhari no. 1131).

Praktek Puasa Nabi Daud yaitu Sehari Puasa , Sehari tidak.. | Hari ini berpuasa , besok tidak, besoknya berpuasa, besoknya lagi tidak begitu seterusnya tak ada batas maksimal adapun lebih lama lebih baik. Sehingga dalam berpuasa Nabi Daud ini tidak perlu melaksanakan puasa Sunnah yang lainnya. Karena ketika kita melaksanakan puasa Nabi Daud maka Puasa yang lainnya sudah mengikuti. Ingat bahwa Puasa Nabi Daud merupakan Sebaik-baiknya Puasa.

Keutamaan bagi yang berpuasa Nabi Daud, sebagaimana diutarakan oleh Rasulullah saw bahwa puasa Daud adalah puasa yang paling utama. Ia lebih utama dari pada puasa tiga hari dalam sebulan yang pahalanya seperti puasa sepanjang masa. Ia lebih utama juga dari puasa arafah yang ganjarannya adalah dihapuskan seluruh dosa kecilnya selama setahun sebelumnya.

  • Terpelihara dari maksiat
  • Tumbuhnya akhlakul karimah
  • Meningkatkan Ketaqwaan
  • Mendapatkan Tempat Utama


Bagaimana dengan Niat Puasa Daud? Niat puasa daud dan puasa yang lainnya bahkan niat untuk semua ibadah itu letaknya ada di hati dan tidak perlu diucapkan karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah mengajarkan untuk mengucapkan niat. Para shahabatpun tidak ada yang melakukannya.
Sumber : istanstudio

Iftar


0 Response to "Puasa Nabi Daud AS. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel